Minggu, 12 April 2020

 10 Makanan Khas Batam yang Enak & Paling Terkenal Makanan
Makanan khas Batam pertama adalah sup ikan batam. Seperti namanya, sup ini berisi produk laut berupa ikan yang segar dan bermutu tinggi. Penyajian sup ikan ini adalah dengan adanya kuah bening yang membuat cita rasa dari sup ini bukan hanya nikmat, tetapi juga menyegarkan. Kesegaran dari kuah yang berpadu dengan isian berupa makanan laut akan menjadikan keinginan makan kamu tak terhentikan.
Sup ini selain berisi ikan, ada juga tambahan berupa udang, cumi-cumi dan aneka bahan dari laut lainnya. Meskipun sup ini menggunakan bahan utama ikan sebagai isiannya, tapi yang mengherankan sup ini tidak berbau amis, justru segar keitka disantap. Akan lebih nikmat lagi jika kamu menyantapnya menggunakan mie. Ada beberapa jenis mie yang bisa kamu pilih. Ada mie bihun dan mie kuning.
 10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak Makanan
Sesuai namanya, soto ini sudah pasti menjadi ikon kuliner yang paling terkenal di kota Kediri. Soto kediri berbeda dengan soto di tempat lain, semisal Betawi. Soto kediri merupakan masakan berkuah santan yang menggunakan beragam isian seperti potongan ayam, tauge, mie, dan bahan pelengkap lainnya. Makanan khas Kediri yang satu ini tak boleh kamu lewatkan apabila lagi berada di kota yang juga menjadi tujuan investasi bagi para pengusaha.
Soto kediri pada dasarnya sama seperti soto ayam pada umumnya. Yang menjadi keistimewaan dari soto kediri adalah kuah santannya yang berbeda dari soto-soto dari daerah lain. Soto kediri sangat nikmat apabila disantap bersama dengan nasi dan sambal. Jangan lupa juga untuk menambahkan emping yang bisa kamu makan secara terpisah atau direndam ke dalam kuah santan. Di beberapa tempat di kota Kediri, ada penjual yang menyajikan soto kediri bersama ayam bakar sebagai lauk pendamping.
 wisata merauke
Banyak yang bilang, berkunjung ke Merauke tak akan lengkap kalau belum mencicipi gurihnya sate rusa yang menjadi kuliner khsas Merauke. Biasanya, sate rusa disajikan dengan campuran bumbu kacang atau bumbu kecap, mirip dengan sate ayam atau sate kambing yang sering kita jumpai.
Meskipun populasi rusa di Merauke dan sekitarnya mulai berkurang karena perburuan liar dengan senjata api, pedagang-pedagang sate rusa masih bisa ditemukan di sepanjang jalan utama kota Merauke, salah satunya di Jalan Mandala. Sate ini bisa dinikmati dengan harga 25 ribu rupiah per porsi.
Belakangan ini, sate rusa sering menjadi pro dan kontra. Sebab, sebagian besar daging rusa yang dijual di jalanan adalah hasil perburuan liar dengan senjata api. Hal ini mengundang kritik karena perburuan besar-besaran dengan senjata api bisa mengancam populasi rusa di Merauke.
Makanan Khas Bengkulu
Gulai Kemba’ang adalah salah satu makanan tradisional khas Bengkulu yang populer, apalagi di Kabupaten Mukomuko.  Gulai ini dibuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Kamu akan banyak menemukan makanan tradisional khas Bengkulu ini di waktu lebaran atau Bulan Ramadhan.
 tempong blenyik
Tempong merupakan makanan yang terbuat dari kumpulan ikan teri kecil. Makanan ini juga dikenal dengan nama blenyik. Bentuk dari tempong adalah kepalan seperti bakwan. Sangat cocok dinikmati saat turun hujan dengan nasi hangat.
Rasanya asin karena dicampur dengan garam. Tempong atau blenyik dapat diolah dengan cara digoreng maupun dikukus dengan campuran bawang merah, bawang putih, irisan cabe dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini juga bisa diolah dengan menambahkan campuran telur.
 ledre
Di daftar nomor satu ada oleh oleh makanan khas Bojonegoro Jawa Timur yang sangat populer dan terkenal hampir dikalangan para pecinta kuliner. Sebut namanya ledre jika anda sedang berada di Bojonegoro, pasti hampir semua masyarakat lokal mengetahui sajian kuliner khas yang kerap dibawa pulang ke daerah asal para wisatawan sebagai buah tangan ini. Rasanya yang enak dan juga cita rasanya yang gurih membuat ledre senantiasa laris dipasaran. Selain gurih, ledre juga mempunyai rasa manis. Ledre terbuat dari bahan yang sangat sederhana, yaitu campuran tepung terigu, tepung beras dan juga gula. Sedangkan bahan utama untuk membuat ledre ini berasal dari pisang, khususnya pisang raja yang juga menjadi sumber aroma khas dari makanan bernama ledre ini. Pembuatan ledre cukup unik karena diolah kemudian digapit atau digolong atau dalam bahasa Bojonegoro istilahnya adalah diluntung layaknya keripik emping dengan aroma pisang yang khas. Sekilas tampilannya mirip dengan egg roll namun jika sudah dicicipi, pasti anda akan tahu perbedaannya. Ledre cukup mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Bojonegoro.
 
Tidak sedikit tempat makan pempek ternama di Palembang dan semuanya tergantung selera. Namun, salah satu yang paling terkenal dan melegenda adalah Pempek Pak Raden. Saking terkenalnya, sudah ada jaringan franchise di beberapa kota besar di Indonesia. Bila kamu tertarik mencoba di tempat semua bermula, langsung saja menuju TKP!
Lokasi: No.80A., Jl. Radial, 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, 06.00 hingga 22.00
Harga: 3,000 IDR per biji
 Makanan Tradisional khas Papua
Penganan Pulau Papua khususnya Papua Barat memang sangat khas, enak, dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Salah satu makanan khas Papua Barat adalah kue lontar. Bentuknya memang mirip pie susu atau cheesetar yang terkenal.
Toppers bisa membeli Kue khas Papua Barat ini di Angel Bakery yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, Kota Sorong, dari jam 9 pagi hingga setengah 10 malam. Siap-siap nagih sehabis mencoba kue lontar khas Papua ini!

Makanan khas Solo yang satu ini memiliki reputasinya tersendiri. Nasi putih yang disajikan dalam pincuk daun pisang bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan telur rebus ditambah sedikit santan kental gurih yang disebut areh ini akan membawa kamu ke dunia yang berbeda.
Salah satu penyaji nasi liwet yang ikonik di Kota Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan penjual nasi liwet Solo lainnya, namun rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri.
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 19,000 IDR per porsi
makanan khas padang
Ikan Balado adalah ikan goreng yang diberi bumbu balado saat masa penggorengan. Balado sendiri adalah sambal khas Padang yang sudah terkenal dan digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai bahan makanan.
Setiap restoran dan rumah makan Padang memiliki bumbu khusus untuk sambal baladonya. Kerana rasa masakan sangat dipengaruhi oleh sambal balado ini. Namun pada umumnya sambal balado terbuat dari cabai merah, jeruk nipis, bawang merah, tomat, dan gula.
Sambal balado biasanya dipadukan dengan ikan goreng dan mencipatakan rasa yang pedas manis pada rasa ikan balado tersebut.
Makanan Kas Grobogan Nasi Jagung
Merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah kabupaten Grobogan provinsi jawa tengah nasi jagung masih menjadi makanan pokok warga Grobogan  terutama bagi warga Grobogan masih tinggal di daerah pelosok pedesaan.
Seiring bergantinya zaman saat ini susah untuk menemukan penjual nasi jagung apalagi di tambah  berubahan teknologi dengan adanya rice cooker untuk memasak nasi membuat  lebih praktis  beda dengan proses pembuatan  nasi jagung yang lumayan ribet.
Untuk menjumpai  penjual nasi jagung dapat di jumpai di purwodadi ada beberapa warung warung yang menjual nasi jagung. Nasi jagung sangat  cocok di nikmati dengan sayur lombong peyek gereh urap dan botok mlanding perpaduan semua lauk tersebut akan membuat lidah wisatawan ketagihan dan menambah selera makan wisatawan.

Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan, Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan soto lainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenal di indonesia.
Keistimewaan Soto Lamongan
Soto Lamongan ini sedikit berbeda dengan soto lainnya. Salah satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut di campurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini. selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.
Pengolahan Dan Penyajian Soto Lamongan
Proses pembuatan Soto Lamongan ini hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun daging ayam yang digunakan adalah daging ayam kampung pilihan, sehingga menghasilkan rasa ayam yang gurih dan empuk. Untuk kuah dari Soto Lamongan ini dibuat dari bumbu khusus dengan aneka rempah yang membuat rasa kuahnya sangat kuat. Selain itu kuahnya juga menggunakan kaldu ayam asli sebagai penyedap rasa.
Dalam penyajiannya, Soto Lamongan ini disajikan dengan nasi dan bahan tambahan lainnya seperti suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun dan irisan telur ayam dalam satu mangkuk. Kemudian di siram dengan kuah soto dan ditamburkan Poya dan bawang goreng. Selain itu ada juga yang menambahkan seperti ceker ayam, kulit ayam, sayap ayam dan kentang goreng sebagai pelengkap. Untuk penambah rasa Soto Lamongan ini bisa di tambahkan seperti sambal, jeruk nipis dan kecap.
makanan khas tegal
Kupat blengong adalah perpaduan antara kupat Glabed dengan lauk sate Blengong. Kuliner tradisional dari Kota Bahari yang terdiri dari ketupat berkuah warna kuning kental yang disajikan bersama sate Blengongnya ini sangat populer di Tegal. Dan di antara sekian banyak warung kupat blengong yang ada di Tegal, Kupat Blengong Mas Nanang adalah yang jadi salah satu warung yang sangat populer dan melegenda serta selalu ramai disesaki para pencinta kuliner yang enak dan mengenyangkan ini.
Lokasinya ada di Jalan Sawo Barat, Tegal. Sate dari daging blengong ini adalah dari daging hewan persilangan antara entok dengan bebek, dipadu bumbu oles bercita rasa gurih pedas, sate blengong yang agak kenyal sangat cocok disantap bersama sajian ketupat sayur berkuah kental kaya rempah seperti kupat Glabed. Tapi kalau mau menyantap sate Blengong dengan nasi juga bisa.
 5 Makanan Khas Tuban yang Melegenda, Wajib Coba!
Kabupaten Tuban yang terletak di pesisir pantai utara laut Jawa, tentunya banyak sekali menu makanan yang bahan bakunya berasal dari laut, salah satunya adalah kare rajungan. Cara memasak kare rajungan sangat mudah. Pertama letakkan rajungan yang masih hidup di wadah, siram dengan air panas. Kemudian ambil 4 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 buah cabe merah besar, 15 Buah cabe rawit, 2 buah kunyit, 1 ruas jahe, 1 ruas kanan, 4 buah kemiri, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1/4 sendok teh jinten, 3 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 3 batang daun brambang, 1 batang sereh, santan dan 2 gelas air.
Haluskan bumbu bumbu, kemudian panaskan minyak tumis bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh. Masak hingga wangi. Masukkan air dan rajungan, masak hingga rajungan berubah warna menjadi kemerahan. Tuangi santan, masukkan gula dan garam. Icipi hingga pas sesuai selera. Taburi dengan daun brambang yang sudah dipotong.
makanan khas rembang
Berasal dari desa Tuyuhan di Rembang, lontong ini cukup berbeda dengan bentuk lontong pada umumnya, terutama pada bentuk lontongnya yang dibungkus dengan bentuk segitiga.
Lontong tuyuhan cocok dijadikan sebagai menu sarapan, disajikan  dengan kuah yang pas, tidak kental dan tidak terlalu encer.
Dipadukan dengan bumbu-bumbu serta isian berupa daging ayam kampung yang khas. Selain itu, lontong ini juga bisa disajikan dengan tahu goreng yang hangat serta pilihan sambal kacang dan perasan jeruk nipis yang menambah kenikmatan.
Salah satu lontong tuyuhan yang terkenal berlokasi di jalan Raya Rembang No. 9. Harga dari seporsi lontong tuyuhan adalah Rp. 10.000.
Kue Sagu
Kue Sagu atau Bagea adalah kue yang berasal dari papua, bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung sagu. Kue sagu ini agak keras saat digigit tetapi kalau sudah ada di dalam mulut atau di celup ke air akan cepat lunak/ lembek.

Kepiting Soka
Di Kalimantan Utara khususnya kota Tarakan, terkenal dengan hidangan laut. Salah satu yang patut dicoba adalah Kepiting Soka. Kepiting ini bisa kita makan keseluruh bagian tubuhnya. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga bisa di buat camilan atau kerupuk.

Gohu Ikan
Gohu Ikan adalah Salah satu masakan khas Ternate. Penyebutannya harus lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Tinutuan
Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, ibukota Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.

Binte Biluhuta
Binte Biluhuta adalah makanan khas Gorontalo. Makanan ini biasa juga disebut dengan milu siram, karena terbuat dari milu (bahasa setempat berarti jajung). Makanan ini terbuat dari jagung, udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis.

 Lapa-Lapa
Lapa-Lapa adalah makanan khas sulawesi tenggara, lapa-lapa mempunyai rasa yang guri dan enak, apalagi dikonsumsi dengan ikan kaholeonarore (ikan asin) semakin menambah selerah maka

 Sup Ikan Jantung Pisang
Sup Ikan Jantung Pisang adalah makanan khas sulawesi tengah, Tepatnya di kota Palu. Makanan dengan cita rasa yang asam pedas yang segar ini, menggunakan ikan kakap sebagai bahan utama.

 Sup Konro
Sup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar. Sup ini mantap abis!

Ayam Cincane
Ayam Cincane adalah salah satu kuliner andalan di kota Samarinda. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. aging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Cincane.

Juhu Singkah
Juhu Singkah adalah makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, yang sangat lezat. Makanan ini bisa dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Makanan yang terbuat dari umbut rotan ini lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan diperoleh warga dengan mencarinya di sekitar hutan tempat mereka tinggal

 Soto Banjar
Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Melihatnya saja sudah tidak tahan untuk mencoba. Soto banjar enak dan mantap!

 Bubur Pedas Sambas
Bubur Pedas Sambas adalah makan khas dari wilayah sambas di Kalimantan Barat. Meski nama makanan khas tersebut berbanderol kata “pedas” yang akan membuat pencinta kuliner yang tidak suka rasa pedas bergidik ngeri, saat disuguhkan pasti akan minta tambah lagi. Karena, bubur pedas adalah bubur yang terbuat dari campuran sayur mayur dan saat diolah tidak ada dicampurkan bahan cabai sedikitpun.

 Catemak Jagung
Catemak Jagung adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur. Catemak jagung adalah makanan penutup yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa. Rasanya asin tapi lezat!

 Ayam Taliwang
Ayam Taliwang adalah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung.

 Sate Bandeng
Sate Bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Sate bandeng menggunakan gula coklat dan santan. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.


Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga sayuran dan topping-topping lain seperti potongan daging ayam, batagor, dan lain-lain. Sebenarnya, seblak ada dua jenis, basah dan kering. Namun, yang lagi ngehits di Bandung adalah seblak basah. Biasanya, seblak basah sering dicampur dengan mi dan kwetiaw. Buat kamu yang ingin mencicipi seblak enak bisa coba datang ke Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman, Seblak Oces di Jalan Tamansari, dan Warunk Rame yang menyediakan seblak cilok di Jalan Braga. Untuk harga, seblak basah biasanya berkisar antara Rp8.000-Rp20.000, tergantung banyaknya topping.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul 7 Makanan Khas Bandung yang Hits dan Paling Dicari Wisatawan, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/04/06/48981/7-makanan-khas-bandung-yang-hits-dan-paling-dicari-wisatawan

Penulis: M. Naufal Hafizh
Editor : M. Naufal Hafizh

Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga sayuran dan topping-topping lain seperti potongan daging ayam, batagor, dan lain-lain. Sebenarnya, seblak ada dua jenis, basah dan kering. Namun, yang lagi ngehits di Bandung adalah seblak basah. Biasanya, seblak basah sering dicampur dengan mi dan kwetiaw. Buat kamu yang ingin mencicipi seblak enak bisa coba datang ke Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman, Seblak Oces di Jalan Tamansari, dan Warunk Rame yang menyediakan seblak cilok di Jalan Braga. Untuk harga, seblak basah biasanya berkisar antara Rp8.000-Rp20.000, tergantung banyaknya topping.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul 7 Makanan Khas Bandung yang Hits dan Paling Dicari Wisatawan, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/04/06/48981/7-makanan-khas-bandung-yang-hits-dan-paling-dicari-wisatawan

Penulis: M. Naufal Hafizh
Editor : M. Naufal Hafizh
Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus lalu dicampur dengan racikan cabai, bawang putih, garam, dan kencur. Biasanya seblak ditambah juga sayuran dan topping-topping lain seperti potongan daging ayam, batagor, dan lain-lain. Sebenarnya, seblak ada dua jenis, basah dan kering. Namun, yang lagi ngehits di Bandung adalah seblak basah. Biasanya, seblak basah sering dicampur dengan mi dan kwetiaw. Buat kamu yang ingin mencicipi seblak enak bisa coba datang ke Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman, Seblak Oces di Jalan Tamansari, dan Warunk Rame yang menyediakan seblak cilok di Jalan Braga. Untuk harga, seblak basah biasanya berkisar antara Rp8.000-Rp20.000, tergantung banyaknya topping.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul 7 Makanan Khas Bandung yang Hits dan Paling Dicari Wisatawan, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/04/06/48981/7-makanan-khas-bandung-yang-hits-dan-paling-dicari-wisatawan

Penulis: M. Naufal Hafizh
Editor : M. Naufal Hafizh
Makanan khas Malang yang bikin kangen, nasi pecel.
Nasi pecel merupakan salah satu menu favorit warga Malang. Nasi pecel sendiri terdiri dari nasi yang ditemani dengan rebusan sayur segar, siraman sambal kacang dan peyek. Sedangkan, untuk sayurannya berupa tauge, kacang panjang, kangkung, dan daun kemangi. Dengan racikan bumbu cita rasa khas tradisional Indonesia nan bergizi, nasi pecel cocok disantap untuk sarapan pagi.
Salah satu nasi pecel yang terkenal dan legendaris di Malang ialah Pecel Kawi 1975. Kenikmatan menu nasi pecel ini terletak pada cita rasa yang otentik, karena termasuk makanan khas Malang tempo dulu nih Detikers. Sebaiknya, kamu bersiap datang lebih awal terutama di jam sarapan sampai makan siang dan musim liburan. Bila kamu sedang melakukan aktivitas lain dan tetap ingin mencoba kuliner ini, kini kamu bisa pesan melalui aplikasi online loh.
Harga untuk satu porsi nasi pecel disini sekitar Rp 14 ribu, untuk harga lauk-pauknya antara Rp 2 ribu-15 ribu saja.

Pecel Kawi Hj. Musilah
Jalan Kawi Atas No.43B, MALANG
Buka Setiap Hari 06.00 - 19.00 WIB
Info (0341) 5022005
Instagram: @pecelkawi

Makanan Tradisional Bali Makanan  Bebek betutu merupakan makanan khas bali yang sangat popular. Kalau mendengar kata bali, pasti akan teringat dengan makanan tradisional Bali ini. Proses pemasakannya memang cukup lama. Sebelum di masak, bebek akan dibumbui kemudian diberi pijatan supaya bumbu menyerap sempurna. Selain itu daging akan lebih empuk dan lembut. Kemudian bebek dibungkus dengan daun pinang atau daun pisang. Masaknya dengan cara dipanggang dalam sekam dalam waktu yang lama. Bebek betutu selalu dihidangkan saat upacara keagamaan atau acara adat lainnya. Buat anda yang tidak suka daging bebek, bisa mencoba ayam betutu. Salah satu tempat untuk memasak bebek betutu ada di desa melinggih, kecamatan payangan kabupaten gianyar.

Sate klopo menggunakan bahan-bahan yang sama seperti sate pada umunya, yaitu dari daging sapi atau daging ayam, dan bukan dari kelapa yang dibuat menjadi sate. Hanya saja sebagai pembeda, Sate Klopo menggunakan campuran jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih.
Selain itu, sate juga dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar yang menjadikan sate memiliki rasa yang unik dan bikin ketagihan.
Ada banyak sekali penjual Sate Klopo yang bisa kamu temukan di Surabaya, salah satu warung sate yang paling terkenal adalah Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih. Warung ini bisa kamu temukan di sebelah barat Balai kota Surabaya lebih tepatnya di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya.
Resep Ketoprak - Masak Apa Hari Ini?
Ketoprak merupakan makanan berbumbu kuah kacang yang bisa dengan mudah ditemukan di kota Jakarta. Rasa makanan ini sangat lezat. Menariknya, makanan ini juga sangat sehat dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.
Hampir sama dengan pecel di Jawa Tengah atau Jawa Timur, di Jakarta ketoprak menjadi makanan yang sudah menjamur dan disukai semua lapisan masyarakat. Ketoprak terbuat dari irisan ketupat dan tauge yang kemudian disiram bumbu kacang. Di beberapa pedangan, ada tambahan bahan lain yang membuat ketoprak semakin lezat. Bahan tersebut antara lain bihun, telur, tahu, taburan bawang merah goreng dan kerupuk.

Rabu, 08 April 2020










Ini resep tempoyak ikan patin khas Jambi yang wajib kamu cobain sTempoyak Ikan Patin, ikan patin dimasak dan disajikan dengan bumbu tempoyak yang bercitarasa manis, asam pedas. Tempoyak adalah bumbu masakan yang dibuat dari durian fermentasi. Masakan khas kota Palembang, Sumatera Selatan. Disajikan di kedai Masakan Palembang
Unik, Ulat Sagu Ini Menjadi Makanan Khas Warga Papua Barat

Sesuai dengan namanya, makanan khas ini berasal dari wilayah Manokwari, Papua Barat. Jenis ikan yang biasa dihidangkan adalah ikan tongkol, buat kamu yang ingin mengunjungi Papua Barat jangan lupa menyicipi ikan
bakar Manokwari ini ya. Ikan ini dihidangkan dengan sajian yang pedas dan memiliki keunikan rasanya tersendiri.
16 Kuliner Tradisional Khas Papua Bercita Rasa Unik - Tokopedia Blog
Salah satu makanan khas papua barat yang memiliki keunikan lainnya adalah Sate Ulat Sagu. Jenis makanan yang satu ini mungkin akan membuat kita mual walaupun hanya melihat bentuknya saja, sate yang berbahan dasar dari ulat sagu ini sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua dan diolah terlebih dahulu. Sama halnya seperti sate lainnya, makanan ini dibakar diatas arang yang sudah dipanaskan.